Semangat Gotong Royong

Melung 25 November 2013,  Pembangunan jalan menuju tempat pemakaman umum (TPU) grumbul Depok, Desa Melung hampir selesai. Jalan tersebut dibangun dengan menggunakan dana ADD (alokasi dana desa) sebesar Rp. 31.632.500,-. Pembangunan jalan makadam sepanjang kurang lebih 300 m dengan lebar 2 m tersebut memakan waktu 25 hari. Disamping menggunakan dana ADD, masyarakat juga ber-swadaya dalam pelaksanaan pembangunan jalan tersebut.

Warga masyarakat dari 7 (tujuh) RT diwilayah Kadus I secara bargiliran mengerjakan pembangunan jalan tersebut. Diperkirakan dana yang masuk untuk pembangunan jalan tersebut sampai saat ini mencapai Rp. 34.407.500,- berikut dengan dana ADD. Seperti dituturkan Darsim selaku bendahara panitia pembangunan jalan tersebut.

Kendati pembangunan tersebut belum selesai, namun sekarang jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. “Kalau dahulu ya boro-boro sepeda motor bisa masuk, lha wong kalau memikul keranda saja harus hati-hati takut jatuh” seperti disampaikan oleh Tarsim Musolih selaku Ketua RT setempat. Dan kalau memikul keranda jenazah bagian belakang harus diikat dan dipegangi agar keranda tak menggelosor, lebih jauh Tarsim menjelaskan.

Disamping pembangunan jalan dengan pemasangan batu, dikiri dan kanan juga di buat talud.  Karena memang sangat  curam sehingga perlu dibuatkan talud agar tidak terjadi longsor.  Walau belum selesai namun pembangunan jalan tersebut terhenti karena memang dana yang ada sudah habis.  Dan seperti sudah diperkirakan sebelumnya, sehingga pada titik-titik yang dianggap sulit untuk dilalui maka pada titik itu-lah yang diutamakan diperbaiki terlebih dahulu.  Sambil menunggu dan berikutnya (kalau ada).

Semula jalan tersebut hanya berupa jalan tanah biasa, sempit dengan lebar kurang dari 1,5 m  kalau hujan sangat licin. Kondisi jalan memang menjadi keluhan warga masyarakat karena jalan tersebut merupakan akses untuk mengantar jenazah.  Disamping sempit serta licin jalan tersebut juga sangat curam sehingga harus hati-hati apalagi dengan membawa beban jenazah.