7.500 Ekor Bibit Ikan Dilepaskan Di Kali Manggis

7.500 Ekor Bibit Ikan Dilepaskan Di Kali Manggis

Sebanyak 7.500 ekor benih ikan dilepaskan di 3 sungai yang ada di Desa Melung. Jenis benih ikan yang ditabur adalah ikan Melem sebanyak 5.000 ekor dan Tawes sebanyak 2.500 ekor.  Kali dekem, Kali Putra dan Kali Manggis menjadi pilihan tempat untuk penaburan benih ikan. Penaburan benih ikan ini dilakukan untuk menjaga kelestarian ikan disungai agar populasinya tetap terjaga. (lebih…)

 705 total views

Mokal Kearifan Lokal Dalam Menggarap Sawah

Mokal Kearifan Lokal Dalam Menggarap Sawah

Sebuah kearifan lokal yang saling menguntungkan antara pemilik sawah dan buruh tani. Kearifan lokal itu bernama “Mokal”. Mokal adalah istilah yang sering dipergunakan untuk kesepakatan antara petani dan buruh tani. Sebuah kerjasama dalam mengelola lahan pertanian (sawah).

Kerjasama yang tidak pernah ditulis dalam sebuah surat perjanjian ataupun pernyataan. Walaupun tidak tertulis dalam perjanjian tetapi masing-masing bertanggungjawab dengan hak dan kewajibannya.

Jika petani (A) mempunyai lahan yang cukup luas dan ada buruh tani (B) yang mau membantu mengelola sawah, maka terjadilah sebuah kesepakatan (Mokal). Kesepakatan untuk melakukan kerjasama. Yang masing-masing bertanggungjawab terhadap kewajibannya.

Adapun kewajiban B adalah dalam menggarap sawah adalah mulai dari membuat pematang sawah (galengan), menanam (tandur) dan memanen. Setelah membuat galengan apabila dalam pengerjaan sawah tidak menggunakan alat baik kerbau ataupun mesin, (B) juga membantu dalam menggemburkan tanah sampai lahan siap tanam.

Jika dalam mengolah lahan menggunakan alat maka kewajiban (B) juga ikut serta dalam membantu mengolah lahan, yang bahasa daerahnya menduli.

Sementara tugas memupuk dan menyemprot adalah menjadi kewajiban (A) sampai dengan menjaga agar aliran air tetap lancar dan terjaga.

Sampai pada masanya panen tiba. Pembagian hasil panen berdasarkan adat kebiasaan yang berlaku. Misal dapat 100 Kg maka bagian untuk (B) adalah 20 Kg, sementara (A) mendapat 80 Kg.

 899 total views

Melirik Si Nyonya Menir

Melirik Si Nyonya Menir

Pakis merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dimanapun. Terutama pada daerah yang lembab. Banyak sekali jenis tanaman pakis, namun yang bisa dimasak atau untuk sayur ada tiga jenis yaitu pakis menir, teja dan pakis urang. Biasanya ketiga jenis tanaman pakis ini dapat dijumpai disekitar aliran sungai, atau tempat-tempat yang lembab. (lebih…)

 296 total views

Pengukuhan Karang Taruna taruna karya XIV desa melung

Pengukuhan Karang Taruna taruna karya XIV desa melung

Acara pengukuhan pengurus Karang Taruna, Taruna Karya XIV Desa Melung masa bakti 2020-2023 telah dilaksanakan pada (18/1). Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Aula Widya Mandala Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

Pada pengukuhan tersebut hadir dari berbagai organisasi kepemudaan desa, tokoh masyarakat dan juga perangkat desa. Hadir pula Kepala Desa Melung (Khoerudin) sebagai pejabat yang mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna.

Acara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Karang Taruna, dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus. Yang sebelumnya telah dilaksanakan pemilihan pemilihan pengurus karang taruna. Teguh Priyatin terpilih sebagai Ketua, Karsun sebagi Wakil Ketua, Sekertaris Misbahudin dan Dahlan.

Dalam sambutannya Khoerudin selaku Kepala Desa Melung menyampaikan, “Pemuda merupakan suatu generasi bangsa, yang secara fisik sedang berproses perkembangannya. Sehingga bisa dikatakan pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa yang akan datang. Untuk itu perlu adanya penggemblengan mental yang tangguh. Organisasi Karang Taruna merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang bisa dijadikan tempat belajar hidup bermasyarakat”.

 336 total views,  2 views today

Kolam renang tengah sawah

Kolam renang tengah sawah

Kolam renang tengah sawah

Kolam renang yang berada di Wisata Pagubugan Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, menjadi daya tarik bagi pengunjung Wisata Pagubugan. Kolam ini berada ditengah sawah, sehingga pada saat tanaman padi sedang menguning merupakan pemandangan yang menyejukan bola mata.

Pengunjung dapat berenang dan bermain dikolam yang berukuran 25 X 14 meter, dengan kedalaman 1,5 meter. Air yang cukup jernih tanpa kaporit tentu akan sangat membuat badan segar. Jangan kaget jika airny terasa sangat dingin, karena air yang digunakan merupakan air yang diambil dari hutan disekitar Lereng Gunung Slamet.

Disamping berrenang dan bermain air, pengunjung juga dapat menikmati kuliner yang telah disediakan. Makanan khas Kota Purwokerto (Mendoan). Untuk tempat beristirahat, juga telah disediakan gubug-gubug yang tersebar di sekitar area persawahan. Jika ingin memesan makanan tinggal kriiing, sepuluh menit kemudian makanan akan diantar.

Untuk yang suka berpetualang, disini juga bisa dijadikan tempat ngecam. Telah disediakan beberapa tenda yang bisa disewakan. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor kontak +62 856-4759-0546

 631 total views,  4 views today