Penyambutan Peserta KKL dari Universitas Amikom Purwokerto

Penyambutan Peserta KKL dari Universitas Amikom Purwokerto

Senin, 22 Agustus 2022, telah dilaksanakan penerimaan Mahasiswa KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Universitas Amikom Purwokerto di Kantor Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas oleh bapak Khoerudin, S.Sos selaku Kepala Desa Melung. Kepala Desa Melung menyambut dan menerima 10 mahasiswa KKL dari Universitas Amikom Purwokerto yang terdiri dari berbagai program studi baik dari Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial.

Penerimaan mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto telah disambut dengan baik dan para peserta KKL akan didampingi agar keberlangsungan kegiatan KKL di Desa Melung dapat terlaksana dengan baik dan dapat menjadi manfaat baik untuk desa maupun para mahasiswa yang melaksanakan KKL. Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan Universitas Amikom Purwokerto ini akan dimulai dari tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 03 September 2022.

Acara penerimaan mahasiswa KKL diakhiri dengan melakukan foto bersama mahasiswa KKL Universitas Amikom Purwokerto dengan Kepala Desa di kantor Desa Melung. Dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat menjadi jembatan silaturahmi yang baik antara mahasiswa, perangkat desa, dan masyarakat Desa Melung, sehingga kedepannya dapat terjalin kolaborasi dalam mengatasi permasalahan di Desa Melung.

 374 total views,  4 views today

Desa Melung Gelar Jalan Sehat untuk Memeriahkan HUT RI Ke-77

Desa Melung Gelar Jalan Sehat untuk Memeriahkan HUT RI Ke-77

Kegiatan Jalan Sehat dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2022, di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, berlangsung meriah.

Kegiatan Jalan Sehat yang diadakan Hari Minggu (21/08/2022) pagi, pukul 09.30 WIB, yang diikuti warga desa Melung, selain berlangsung meriah, seru dan penuh kekeluargaan ini juga membuat seluruh peserta gembira karena bertabur door prize.

Jalan sehat yang dimulai dari Halaman Balai Desa Melung dibuka langsung oleh ibu – ibu PKK selaku ketua pelaksana dan penyambutan dari kepala desa Bapak Khoerudin, S.Sos. Sebelum kegiatan Jalan Sehat dimulai, sejak pagi para peserta sudah berdatangan ke tempat kegiatan di Halaman Balai Desa Melung. Setelah peserta terkumpul, Ketua Panitia Jalan Sehat memulai acara tersebut dengan rute awal Halaman balai desa kemudian mengelilingi jalan desa dan finish kembali di Halaman Balai Desa Melung.

Panitia HUT ke-77 Kemerdekaan RI Desa Melung, menyediakan berbagai macam door prize atau hadiah-hadiah yang menarik untuk para peserta, seperti panci, ember, kompor dan alat-alat perabotan lainnya.

“Tentunya sangat berterima kasih kepada Ketua Pelaksana dan Kepala Desa Melung atas terselenggaranya acara jalan sehat memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77, semoga kita selalu bisa menanamkan nilai-nilai proklamasi serta bisa selalu menghargai bangsa Indonesia terutama untuk yang lain selalu berusaha dan tetap semangat,” ujar salah satu peserta jalan sehat.

 

 280 total views

Rencana Acuan Kerja Pelaksana Pembangunan Desa Bidang Pariwisata

Dalam waktu dekat Pemerintah Desa Melung akan mengadakan pelatihan pengembangan pariwisata ditingkat desa. Sadar wisata merupakan hal mendasar yang harus dipahami oleh setiap lapisan masyarakat. Kesadaran wisata yang tinggi mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif dalam pembangunan pariwisata. Upaya peningkatan sadar wisata bagi masyarakat di desa Melung sangat penting, karena desa ini sedang mengembangkan pariwisata. Desa Melung mempunyai potensi wisata yang sangat kuat, namun belum didukung dengan kesiapan sumber daya manusia. Selain itu, tingkat sadar wisata masyarakat Melung juga masih sangat rendah. Penyiapan sumber daya manusia dilakukan melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga bisa menjadi penggerak utama pengembangan desa wisata dan mengalami peningkatan dari aspek perekonomian.

Berikut adalah rencana acuan kerja pelatihan pengembangan pariwisata di tingkat desa.

 709 total views

Reboisasi Hutan, Untuk Kehidupan

Reboisasi Hutan, Untuk Kehidupan

Upaya melestarikan lingkungan terus menerus dilakukan warga Desa Melung dari tahun ke tahun. Perjuangan yang sangat panjang. Kesadaran akan pentingnya menjaga alam untuk kehidupan, tampaknya sudah mulai disadari karena baik buruknya lingkungan berdampak langsung terhadap tatanan kehidupan. Terutama sumber daya air yang beberapa waktu lalu mengalami penyusutan yang cukup berpangaruh terhadap usaha pertanian

Kelompok anak muda IRGM yang melakukan penghijauan pada 15 Maret 2009 di lahan Perhutani, sekarang ini sedikit banyak berpangaruh terhadap sumber air yang sekarang ini dapat dirasakan warga.  Sebagai contoh kali Jaiing saat ini air terus mengalir meskupun di musim kemarau, dan beberapa mata air sekarang ini sudah muncul kembali.

Selain manfaat dari sumber daya alamnya ada keuntungan dari sisi ekonomi, dimana tanaman pucung sekarang ini cukup banyak yang menghasilkan biji buahnya yang diproses menjadi kluwek.  Selain itu daging buahnya dapat dijadikan makanan.  Selain tanaman pucung nilai ekonomis yang didapat  ada tanaman kopi untuk penghijauan .

Perjuangan panjang agar sumber daya air kembali bersahabat lambat laun terwujud dan membuahkan hasil dan sesungguhnya tidak saja dirasakan langsung warga Melung saja, namun secara tanpa dirasakan juga berimbas pada desa-desa atau daerah dibawah Desa Melung.

Dari hasil penghijauan yang dapat dirasakan sekarang ini memang tidak ada data atau pencatatan berapa besar  penambahan debit air.  Namun berdasarkan pengamatan secara visual tetap berdampak dengan adanya penambahan jumlah debit air yang haya dapat dirasakan oleh warga.  Dari penampakan tanaman yang terus tumbuh dan semakin rapat diharakan akan menahan laju penguapan dan tanaman akan menyimpan air dengan baik.  Sehingga air akan terus ada meskipun dimusim kemarau.

 

 453 total views