melung.or.id

“Saritem”

Melung (21/12),  Sore itu seorang wanita nampak sibuk mengumpulkan berbagai macam jenis temu-temuan seperti kunyit, jahe, kulit manis jangan, adas jinten hitam dan lain sebagainya.  Dengan berbagai macam jenis temua-temuan ini nantinya akan dijadikan jamu untuk sang suami yang akhir-akhir ini sudah mulai banyak keluhan.

Kebiasaan dan perilaku warisan nenek moyang yang sudah banyak ditinggalkan, padahal kalau kita melihat sepertinya orang-orang dahulu nampak sehat dan tetap segar penampilannya.  Barangkali salah satu kunci rahasianya adalah sering mengkonsumsi jamu, atau nama bekennya “saritem” (sari temu-temuan).  Untuk dapat membuat saritem berikut adalah bahan-bahannya, cara membuatnya, khasiatnya dan aturan pakainya (wah kaya dokter aja pakai resep segala).

Bahan – bahan :

25g Temu-temuan, 1sdt cengkeh, 1sdt bubuk manis jangan, 5g kapolaga, 1sdt bubuk lada, 3bt sereh, 5lb daun sirih, 100g gula dan asam kamal/garam dapur secukupnya.

Alat – alat :
Kompor dan penangas air, parut/blender, irus, pengaduk, saringan halus, gayung, kemasan botol/plastik dan plastiksealer serta stiker.

Cara Membuat :

Semua jenis bahan dari temu-temuan pilih yg baik, kupas, cuci bersih, timbang, parut/ blender, peras/pres.
Sari temu ditambah leri beras hingga satu liter
Masak dalam penangas hingga mendidih dan masukkan semua bumbu hingga harum semerbak selama 10 menit.
Saring dalam keadaan panas, masukkan dalam kemasan bersih steril.

Manfaat dan Fungsi :

Memelihara kesehatan tubuh.
Memelihara fungsi sistem organ ginjal, hati, jantung, limpa, pencernaan dan pernafasan.
Menghangatkan tubuh
Menghaluskan kulit
Memelihara stamina, kesuburan dan awet muda

Aturan Pakai :

Untuk memelihara kesehatan minumlah secara rutin 2hari sekali setiap sore hari menjelang tidur cukup setengah gelas (100ml).
Simpan pada tempat yang aman dalam keadaan tertutup rapat.

Selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat. dan nantikan seri selanjutnya,.