ManukDesa Melung masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan hutan negara. Dimana keberadaan atau kelestarian hutan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi  hidup dan kehidupan umat manusia. Keanekaragaman hayati menjadi tolak ukur akan kelestarian hutan. Disamping menjaga erosi dan tanah longsor pepohonan juga menyerap air hujan. Sehingga debit air akan selalu terjaga sepanjang masa, bahkan dimusim kemarau sekalipun

Penyebab rusaknya hutan adalah menjadi tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Eksplorasi hutan yang berlebihan akan memicu laju kerusakan hutan semakin cepat. Sebagai masyarakat yang berada dipinggir hutan yang sudah barang tentu nasib serta kehidupannya sangat tergantung dengan keberlanjutan hutan. Maka sudah sewajarnya jika masyaraktat pinggir hutan menjaga dengan memanfaatkan sumberdaya alam (hutan) dengan bijak. Masyarakat juga turut serta berpartisipasi dalam mereboisasi hutan melalui penanaman. Yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok.

Pada umumnya masyarakat pinggir hutan memanfaatkan hasil hutan berupa air, tumbuh-tumbuhan dan juga satwa yang ada di hutan. Termasuk memanfaatkan rumput sebagai pakan ternak dan kayu bakar.

Kesadaran dan kepedulian sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan hutan yang lestari. Untuk dapat menyadarkan dan membangun rasa kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya cukup dengan sosialisasi maupun aturan-aturan. Bahwa masyarakat butuh contoh dengan tindakan yang nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Upaya mereboisasi hutan yang dilakukan terus menerus, lambat laun mulai membuahkan hasil. Perlahan jenis burung yang semenjak beberapa tahun terakhir tidak terlihat kini kerap dijumpai. Hal ini tentu merupakan kabar gembira, tanda-tanda  perbaikan alam sudah mulai terlihat walaupun masih kasat mata.

Air yang melimpah, rindangnya pepohonan sebagai penghasil oksigen, kicauan burung dan keanekaragamhayati lainnya yang kita nikmati pada hari ini adalah warisan dari kakek-nenek moyang kita. Semua yang kita rasakan dan kita nikmati sampai detik ini semoga bisa dirasakan juga oleh anak cucu kita kelak. Bukan sebuah cerita dimasa lalu tentang sebuah kenangan yang di ceritakan menjelang tidur.

Semoga dengan dukungan banyak pihak akan dapat mewujudkan keberlangsungan hutan yang lestari. Sehingga hutan berserta dengan segala isinya tidak hanya bisa dinikmati pada saat ini akan tetapi bisa di wariskan untuk generasi yang akan datang.