melung.desa.id

Praktek Pembuatan Gula Kristal

Melung 19 Agustus 2015, Tanaman kelapa merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, mulai dari ujung daun sampai akarnya dapat dimanfaatkan. Tanaman kelapa ini dapat menghasilkan nira yang akan dijadikan gula yang sering disebut gula merah cetak. Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas merupakan salah satu desa yang berpotensial memproduksi gula merah cetak.

Gula merah cetak merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Melung khususnya warga RW 04 Salarendeng. Salah satu warga yang memproduksi gula merah cetak adalah Daryanto (52). Meskipun sudah berusia lanjut, Daryanto masih dapat menderes dan memproduksi gula merah cetak untuk memenuhi kehidupan mereka sehari-hari. Dalam sehari, Daryanto dapat memproduksi gula merah cetak sebanyak 8 kg. Biasanya gula merah cetak ini dihargai Rp 9.500/kg.

Sebenarnya, gula merah cetak ini masih dapat dilakukan pengolahan yang lebih lanjut lagi yang akan menghasilkan harga yang cukup tinggi yaitu gula kristal. Dengan harga yang tinggi, maka penghasilan petani gula merah cetak akan meningkat. Gula kristal merupakan gula merah cetak versi bubuk. Gula kristal ini juga sering disebut gula semut. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip rumah semut yg bersarang di tanah. Bahan dasar untuk membuat gula kristal adalah nira dari pohon kelapa sama halnya dalam pembuatan gula merah cetak.

Harga pasar gula kristal lebih tinggi dibandingkan gula cetak, yaitu dipasarkan dengan harga Rp 12.000/kg. Namun di Desa Melung belum ada yang memproduksi gula kristal. Dalam upaya membantu meningkatkan penghasilan petani gula kelapa, tim KKN PPM Pertanian Terpadu UNSOED melakukan demonstrasi pembuatan gula kristal. Tim tersebut telah melakukan demonstrasi di beberapa rumah penderes yaitu di Rumah Daryanto RT 02/04 dan Rumah Siswanto warga RT 03/04. Pembuatan gula kristal membutuhkan tingkat kerajinan yang tinggi dibandingkan dengan pembuatan gula merah cetak. Pembuatan gula kristal harus melalui tahapan penggerusan atau penghalusan, pengayakan, dan penjemuran. Dengan adanya demonstrasi pembuatan gula kristal yang telah dilakukan tim KKN PPM Pertanian Terpadu UNSOED, diharapkan petani gula kelapa dapat memproduksi gula kristal guna meningkatkan penghasilan.

Penulis: Risda Pandiangan