Kegiatan PKK dalam pelatihan komputer

 

Perlahan namun pasti, peran perempuan di Desa Melung semakin meningkat. Mereka yang dahulu hanya berkutat di dapur dan lahan pertanian, mulai berani untuk berkenalan dengan dunia teknologi informasi dan telekomunikasi. (23/01)

Pemasangan jaringan internet di tahun 2009 mulai membuka kesempatan bagi para perempuan di Desa Melung untuk bersentuhan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dunia yang dahulu terasa asing bagi mereka, saat itu mulai menghampiri lewat layar komputer di sekolah setempat.

Sulastri yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pemerintahan mengatakan, “Ibu-ibu di sini memang aktif apabila ada kegiatan desa, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus komputer karena dari sana bisa menambah pengetahuan mereka”.

Memanfaatkan perangkat komputer pemberian Kementerian Komunikasi dan Informatika, empat kali dalam seminggu diadakan kursus komputer bagi perempuan-perempuan yang tergabung dalam kegiatan PKK di Desa Melung.

Khoerudin yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Melung tidak sungkan-sungkan untuk terjun langsung mengajarkan kelompok PKK dalam menggunakan komputer. Materi yang diberikan masih sederhana, seperti mengetik, membuat tabel, dan sesekali diajarkan menggunakan internet dengan membuat email dan bermain sosial media.

Dengan mengenal komputer harapannya ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok PKK mampu menggunakan komputer untuk kegiatan Posyandu, mencari informasi mengenai resep masakan, dan ikut mengawasi putra-putrinya dalam menggunakan komputer”, tambah Khoerudin.

Harus diakui bahwa urusan rumah tangga memang masih membatasi gerakan kaum hawa untuk sepenuhnya aktif dalam kegiatan-kegiatan perdesaan di Desa Melung. Namun hal itu tidak boleh menutup kesempatan mereka untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri di era teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini.

Ditulis oleh : Bayu Dharma