Kunjungan dari TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Kedungbanteng

Melung 25 September 2019, Firman (9) tahun putra dari Sarno dan Rini merupakan Warga Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, sejak bulan September 2019 diketahui terkena penyakit Leukimia. Jenis penyakit kanker yang paling banyak menyerang anak-anak termasuk Firman.

Beberapa hari sebelum Firman diketahui sakit Leukimia, kondisi fisik Firman terlihat pucat, lemas dan nafsu makan berkurang. Kekhawatiran dan bingung melihat kondisi Firman yang kian hari semakin melemah, Sarno memutuskan untuk memeriksakan Firman.  Akhirnya Firman dibawa berobat ke Pustu (Puskesmas Pembantu) Kutaliman dan oleh Bidan Sri menyarankan untuk dibawa ke Puskesmas Kedungbanteng untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Keterbatasan peralatan Puskesmas Kedungbanteng merujuk Firman Ke RSUD Margono. Hasil pemeriksaan, melalui tes darah, Firman didiagnosa terkena Leukimia. Rumah sakit daerah di Kabupaten Banyumaspun akhirnya merujuk Firman ke RSUD Sardjito Jogjakarta.

Biaya pemberangkatan dan pengobatan disana menjadi persoalan yang timbul kemudian belum lagi operasional selama di Jogya. Sementara itu pengobatan harus tetap dilakukan. Setelah melalui perundingan, Pemerintah Desa Melung berupaya mencari bantuan.

Koordinasi dengan Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas, si Bulan, dan Baznas berharap ada bantuan untuk biaya pengobatan. Alhamdulilah usahapun memberikan secercah harapan berupa ambulan, penginapan dan akomodasi.

Sementara itu melalui Kepala Dusun 2 (Laeli Hidayati) melakukan penggalangan dana untuk sekedar meringankan beban kelauarga Firman. Penggalangan dana dilakukan melalui Whatsapp yang kemudian dibagikan ke beberapa grup.

Penggalangan Dana Untuk Kemanusiaan

Firman 9 tahun warga RT 03 RW 04, Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Terbaring lemah akibat sakit yang dideritanya sejak seminggu yang lalu.

Hasil pemeriksaan dokter Firman sakit karena Leukimia. Atas saran dokter Firman harus dirujuk ke Jogya untuk pengobatan lebih lanjut. Biaya menjadi kendala terutama untuk transportasi dan biaya selama pengobatan disana.

Kami mengetuk hati Anda, menyisihkan sebagian kecil rejeki Anda untuk mengurangi beban keluarga Firman.

Sekecil apapun sumbangan Anda merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama.

Nuwun

Menurut Laeli penggalangan dana ini bertujuan untuk meringankan beban atas musibah yang sedang dialami oleh Firman. Disamping untuk menciptakan kebersamaan dan kegotongroyongan dalam membantu warga yang sedang terkena musibah.

Saya yakin nantinya tidak hanya satu kali berobat ke RSUD Sardjito, Firman nantinya akan kontrol lagi dan yang pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Minimal dengan adnya penggalangan dana ini bisa untuk pegangan disana (Jogja).

Penggalangan dana yang dikoordinatori oleh Leli mendapat respon yang baik dari warga Desa Melung. Masing-masing kelompok melalui (grup WA) seperti Ibu-ibu RT, PKK, Pemuda mengumpulkan dan melakukan penggalangan dana.