Melung 28/12,  LPB-MDMC (Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah Disaster Management Centre) mengadakan pendidikan dan pelatihan search and rescue (SAR) pencarian dan penyelamatan.  Peserta kegiatan ini adalah  angkatan muda Muhammadiyah dan SMA Muhammadiyah se Banyumas, yang berusia antara 17 sampai dengan 27 tahun.

Dalam sambutannya Tungguh Kasiyanto mengatakan bahwa “diklat SAR ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan pemahaman tentang penanggulangan bencana, meningkatkan kesadaran dan peran aktif angkatan muda, membentuk kader muda yang memiliki kepedilian dan memberikan alternatif kegiatan yang menarik dan juga menantang di alam terbuka”.

Pada hari pertama diklat SAR lebih banyak memberikan materi-materi dasar antara lain : Al-Islam  tentang Aqidah, Akhlak dan Ibadah, Dasar-dasar penanggulangan bencana, tahapan penanggulangan bencana, perencanaan tanggap darurat dan materi terakhir di hari pertama pertolongan pertama gawat darurat.  Tempat kegiatan pada hari pertama adalah aula balai Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng yang sekaligus sebagai tempat untuk menginap peserta.

Pada hari kedua sampai dengan hari keempat kegiatan akan lebih banyak dilakukan di dalam kawasan hutan milik negara yang saat sekarang masih dikelola oleh perum perhutani.  Kegiatan diklat SAR ini rencananya akan berlangsung selama empat  hari dari tanggal 27 – 30 Desember yang melibatkan 81 0rang peserta.