Salah satu tempat foto

Bukit Agaran dulunya hanya sebuah bukit sebagaimana umumnya bukit. Deretan semak belukar menggerombol, sangat sulit untuk dilalui. Bukit yang hanya dikenal oleh masyarakat Desa Melung dan sekitarnya sebagai tempat untuk mencari rumput, dan kayu bakar.

Sebuah perbukitan yang terletak di Grumbul Depok Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, berbatasan dengan Desa Windujaya. Bukit Agaran persis berada disebelah selatan pemakaman umum milik desa, yang merupakan tanah milik orang Kutaliman.

Sekitar 2 (dua) bulan yang lalu bermula dari ngobrol timbulah ide dari beberapa warga Desa Melung yang melihat  potensi  wisata yang tersembunyi dibalik Bukit Agaran tersebut.  Menghubungi pemilik tanah dan meminta ijin adalah langkah awal menjadikan Bukit Agaran sebagai tempat wisata. Selanjutnya merapikan rumput dan membuka akses jalan agar mudah dilalui mencapai bukit tersebut. Tak ketinggalan membuat tempat-tempat bagi pengunjung untuk mengabadikan kesempatan berkunjung melalui foto.

Keunggulan dari Bukit Agaran adalah pengunjung bisa menyaksikan Kota Purwokerto dan sekitarnya dari atas bukit. Hampir sebagian Kota Purwokerto terlihat dengan jelas, apalagi jika malam hari. Gemerlap lampu-lampu kota terlihat sangat indah. Udara yang masih segar juga menjadikan Bukit Agaran mulai banyak dijadikan pilihan untuk piknik dan camping.

Jalan menuju Bukit Agaran juga tidak terlalu ekstrim dapat ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih 5-10 menit. Melalui jalan setapak yang cukup landai.