http://melung.desa.id

Proses Pemanenan Madu

Melung 16 Agustus 2015. Budidaya lebah madu di Desa Melung telah menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kelompok budidaya lebah madu yang beranggotakan7 (tujuh) anggota, Darkam adalah salah satu anggotanya. Beliau pernah menjual hingga 40 botol madu dalam satu hari pada saat acara EXPO di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.

Darkam sendiri sudah mulai terjun dalam usaha budidaya lebah madu kurang lebih selama 30 tahun sejak tahun 1980an. Lebah yang dibudidayakan oleh beliau ada bermacam-macam jenis. Diantaranya adalah lebah hutan lokal dan lebah klanceng, yang masa panen madunya sendiri juga berbeda untuk masing-masing jenisnya. Begitu juga dengan jenis madu dan harga dari madunya sendiri, seperti madu yang dihasilkan oleh lebah klanceng yang biasanya di jual seharga kurang lebih Rp 100.000,00/ 200 ml. Madu lebah klanceng tersebut adalah salah satu madu dengan kualitas yang baik dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan madu yang dihasilkan lebah hutan lokal.

Mahasiswa KKN Tematik PPM UNSOED Pertanian Terpadu diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Darkam melihat proses dan hasil panen madu yang dimiliki oleh salah satu anggota kelompok budidaya lebah madu di Melung, yaitu Muji di RT 04/ RW 01. Muji adalah pemula di bidang budidaya lebah madu, sehingga untuk proses pemanenan madu dibantu oleh Darkam yang lebih berpengalaman di bidang ini.

Di Desa Melung, tidak hanya Darkam dan Muji, tetapi ada Sunar di RW 04 juga membudidayakan lebah madu walaupun hanya untuk pekerjaan sampingan saja. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM UNSOED Pertanian Terpadu, Sunar membudidayakan lebah madu jenis lebah klanceng. Budidaya lebah madu di Desa Melung untuk medianya menggunakan kotak yang terbuat dari papan yang dinilai lebih praktis.

Semoga potensi budidaya lebah di Desa Melung berkembang dan pemasaran semakin luas. Adanya lebah ini diharapkan akan menjadi salah satu produk Desa Melung yang dapat meningkatkan perekonomian.

Maju Terus Budidaya Lebah Madu Melung..!!!

Penulis: Anisa Kartini dan Ulin Nuha F.U.