Tim Gerakan Desa MembangunPagi seusai sholat subuh para punggawa desa Membangun berangkat menuju kantor BAPPEDA Kabupaten Batang untuk latih Desa Melek Informasi dan Teknologi ( DemIT ) hari Kamis tgl 31 Oktober 2013. Rombongan GDM (Gerakan Desa Membangun) terdiri dari Yossy Suparyo, Khoerudin, Khodirin, Sulastri menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dan kondisi jalan raya sangat bersahabat sehingga sangat nyaman sekali bagi para pengguna jalan, rombongan tersebut sehingga pukul 09.30 wib tiba di gedung BAPEDA Batang yang kebetulan untuk pelatihan ini bertempat dilantai tiga. Dan disana para peserta sudah banyak yang hadir, para peserta adalah Kasi Pemerintahan Kecamatan dan diwakili oleh 12 Kecamatan, serta 30 orang Kepala Desa yang mewakili setiap Kecamatan dua orang Kepala Desa.

Setelah rombongan kecil beristirahat melepas penat, menempuh perjalanan lalu berbincang bincang dengan Bupati Batang. Setelah dirasa cukup istirahatnya rombongan menuju  ruangan dimana tempat pelatihan berlangsung, disana sudah ada Siti Fikriyah Khuriyati dari anggota PANSUS RUU Desa. Fikri menjelaskan tentang beberapa RUU Desa yang akan diketok palu. RUU Desa skema membangun desa bertumpu pada yang bawah, Penguatan sumber ekonomi desa pada pasal 75, dan pasal 90 Pengembangan Sistem Informasi Desa/ Pada pengembangan Sistem informasi desa dijelaskan oleh Khoerudin (41 ) Kepala Desa Melungyang bagaimana desa Melung mengelola website desanya. Dalam website tersebut dapat dilihat dan dibaca apa saja potensi potensi yang ada di Desa serta bagaimana perkembangan ekonomi didesa maupun segala kegitanan serta produk produk unggulan yang ada didesa untuk peningkatan ekonomi desa dari PAD ( pendapatan asli desa ) maupun dari APBN  Ppusat dan seterusnya. Dan tak ketinggalan pula mengenai potensi data yang terkaver dalam Aplikasi Mitra DESA yang didalamnya tersimpan data data penduduk sebagai statistik desa yang bertujuan untuk pelayana publik yang lebih baik, cepat, efektif, dan efisien.Kantor BAPPEDA Kab. Batang

Setelah isoma acara dilanjutkan lagi untuk sesi kali ini diisi oleh Khodirin Kadus darikARANGNANGKA .DESA.ID, yang memperkenalkan produk olahan/ekonomi pedesaan yang dengan peternak sapi perahnynya yang sudah berhasil menysejahterakan anggotanya serta pembibitan ikan Gurameh dan lain lainya. Website juga harus terus dikelola baik agar tidak menjadi ” KETEK” (ketinggalan tehnologi ), maka selalu berjejaringlah dan belajar bersama sama tingkatkan kemampuan agar menjadi “DEMIT”.

Para peserta sangat antusias mendengarkannya dan sesekali diselingi dengan gurauan agar peserta tidak tegang . GDM dalam rangka mengusung gerakan 1000 desa web untuk menunjang RUU Desa yang terkait dengan pasal 90 terkait pengembangan sistem informasi desa, berharap segera diketok palu menjadi UU Desa. Para peserta juga sangat berharap dalam RTL  (rencana tindak lanjut ) untuk mendaftar domain desa.id mereka.

Geraka Desa MembangunTanpa terasa waktu begitu cepat berlalu, sehingga mereka para Kepala Desa sangat berharap untuk diadakanya pelatihan tentang bagaimana mengelola website / portal desa bagi desanya. Rombongan GDM pun segera meninggalkan kota Batang dengan berharap semoga Inspirasi ini bermanfaat dan ditiru oleh desa desa lain diseluruh Indonesi untuk pemantapan  Pengembangan sistem informasi desa.