SD Negeri MelungDengan masih adanya sisa embun dipagi hari, dengan udara yang ingin sekitar pukul 05.30 wib hari senin tgl 15 Juli 2013  Dika, Edwin, Yogi dan kawan kawan berangkat ke sekolah dengan semangatnya. Di hari pertama masuk sekolah mereka sengaja berangkat lebih awal dari teman teman lainyauntuk mendapatkan tempat duduk / bangku terdepan.

Memasuki tahun ajaran baru 2013 / 2014 ,mereka masih kelihatan semangat setelah menempuh liburan selama tiga minggu, yang bagi anak – anak  terasa sangat  lama karena ingin segera berangkat sekolah dengan alat alat yang baru ,seperti sepatu baru, buku baru, tas baru, baju baru dllnya.

Seperti biasa ditahun tahun sebelumnya, setiap hari senin diadakan upacara bendera. Pada hari senin / hari pertama masuk pun diadakan upacara yang menurut salah seorang guru SD Negeri Melung Imam Setiadi mengatakan ” Dengan adanya upacara bendera untuk murid murid diharapkan membiasakan diri berdisiplin, berwawasan Pancasila dan UUD 1945, Patriotisme, Cinta Tanah Air dan lain lainnya ” .Walaupun seminggu sekali mendengarkan bacaan Pancasila dan UUD 1945 setidaknya akan mengingatkan anak -anak tentang dasar Negara yaitu Pancasila.

Dipenghujung acara upacara ada pengumuman, dimana salah satu isi pengumuman tersebut kepala sekolah SD Negeri Melung Siam Mutohar mengucapkan selamat memasuki tahun ajaran baru tahun2013 /2014 dan selamat datang kepada  murid murid baru, dan selamat menjalankan ibadah Puasa juga menyampaikan maaf sekaligus berpamitan kepada dewan guru dan murid- murid .Bahwa mulai tahun ajaran baru ini sudah pindah tugas ke SD Negeri 3 Kedungbanteng, sedangkan yang menggantikannya di SDN Melung ialah Suprihatingsih.

Karena masih dihari pertama masuk sekolah dan dibulan puasa jadi Dika, Edwin, Yogi dan kawan kawan pulang lebih awal dari jam biasanya .