Rencana pembangunan jangka menengah desa selanjutnya disebut RPJMDes, adalah dokumen perencanaan pembangunan untuk periode 5 (lima) tahun. Dalam RPJMDes memuat arah kebijakan pembangunan desa,  kebijakan keuangan desa dan kebijakan umum serta program. Yang tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi dan keadaan di masyarakat.  Untuk itu diperlukan adanya penggalian gagasan ke masyarakat yang dipandu oleh team 11.

Dalam penggalian gagasan, di Desa Melung dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat mulai tingkat RT, RW dan tingkat dusun. Kegiatan ini dilakukan untuk melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan di desa. Sehingga dalam pelaksaannya akan sesuai dengan kehendak, kebutuhan serta kemampuan masyarakat. Dan juga harapannya masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

Dari penggalian gagasan tersebut menghasilkan data dan informasi dari tingkat komunitas, terkait dengan permasalahan di masyarakat. Ragam persolan dan permaslahan yang ada di masyarakat, sedapat mungkin diselesaikan oleh masyarakat dengan cara mencari penyebab dan juga potensi untuk memecahkannya.

Setelah diadakan penggalian gagasan ditingkat dusun kemudian akan dilaksanakan lokakarya besok (Senin, 13/1). Tujuan lokakarya ini untuk menyusun dan mengumpulkan data dan informasi dari penggalian gagasan tingkat dusun oleh team 11.

Berdasarkan analisa hasil penggalian gagasan peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan laju pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan menjadi isu strategis pembangunan di wilayah Desa Melung. Hal ini terlihat dalam daftar form kajian masalah dan potret wilayah yang hampir semua mencantumkannya pada kolom masalah. “Ini jelas merupakan tantangan yang harus dihadapi bagi Pemerintah Desa Melung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat” seperti disampaikan oleh Khoerudin Kepala Desa Melung disela-sela rapat rutin Pemerintah Desa Melung (Sabtu 4/1).

Dengan melihat kondisi, tantangan dan juga peluang pada 5 (lima) tahun kedepan maka harus disusun sebuah agenda prioritas pembangunan untuk Desa Melung, agar maksud dan tujuan yang ingin dicapai dapat terukur dan terkendali.