http://melung.or.id

Curug Gumawang

Air terjun yang mengalir dari Sungai Gumawang atau biasa disebut dengan curug gumawang merupakan sebuah curug dengan ketinggian kurang lebih 25 m.  Curug yang dikiri dan kanannya merupakan tebing-tebing terjal dengan bebatuan cadas menghampar dari bawah sampai keatas.  Curug tersebut berada persis di sebelah timur PLTA (pembangkit listrik tenaga air) Ketenger. 

Untuk bisa mencapai tempat tersebut bisa melalui dua jalur, bisa juga melalui jalan menuju PLTA Ketenger dan juga bisa melalui jalan yang ada di desa Karangtengah Baturraden.   Jarak dari PLTA Ketenger menuju curug gumawang kurang lebih sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. pemandangan yang sangat indah dapat dinikmati sambil menyaksikan rombongan kera yang bergelayutan di pepohonan.

Rimbunnya pepohonan dan juga banyaknya makanan yang tersedia di kanan dan kiri sepanjang Sungai Gumawang membuat tempat tersebut sebagai habitat untuk kera-kera tersebut.  Menyaksikan air terjun dengan deburan air yang jernih, serta menikmati tingkah polah dan kelucuan kera-kera tersebut merupakan daya tarik curug gumawang untuk dijadikan tempat wisata.

Sayangnya tempat tersebut tersembunyi diantara tebing-tebing yang curam, salah satu tebing yang mengapitnya adalah  igir tipis.  Dinamakan igir tipis karena memang tebing tersebut sangat tipis, dipuncaknya saja paling hanya mempunyai lebar sekitar satu meter.  Padahal igir atau tebing tersebut mempunayi ketinggian lebih dari 30 meter.