Sebanyak 7.500 ekor benih ikan dilepaskan di 3 sungai yang ada di Desa Melung. Jenis benih ikan yang ditabur adalah ikan Melem sebanyak 5.000 ekor dan Tawes sebanyak 2.500 ekor.  Kali dekem, Kali Putra dan Kali Manggis menjadi pilihan tempat untuk penaburan benih ikan. Penaburan benih ikan ini dilakukan untuk menjaga kelestarian ikan disungai agar populasinya tetap terjaga.

Dalam acara penaburan benih ikan juga disertai dengan sosialialisasi tentang pentingnya ekosistem yang ada disungai. Disamping penaburan benih ikan juga disertai dengan papan informasi. Papan informasi yang berisi tentang larangan untuk tidak menangkap ikan menggunakan bahan-bahan yang berbahaya, seperti tuba setrum. Yang dikhawatirkan akan merusak populasi yang ada disungai.

Penaburan benih ikan dilakukan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diknakan) Kabupaten Banyumas pada Sabtu (14/3). Dalam acara penaburan benih ikan melibatkan masyarakat dan organisasi yang ada di Desa Melung, seperti Karang Taruna, IPPNU dan juga Pemuda Pancasila.

 359 total views,  2 views today

Bagikan Berita