By chalimi, pendamping desa
( Sebuah catatan pendampingan, 4 Maret 2023)
Tiga tahun memang usia yang masih belum lama, masih terbilang seumur jagung. Desa wisata Melung kecamatan Kedung banteng kabupaten Banyumas provinsi Jawa tengah, mendapatkan SK Bupati Banyumas pada tanggal 20 Maret 2020, dengan penuh perjuangan para pemangku kepentingan sejak tahun 2017 benar benar merintis dengan memanfaatkan potensi desa yang ada dengan alam menjadi icon utama nya, tentunya juga unsur budaya dan kearifan lokal menjadi pendukung utama dalam berkembang nya desa wisata Melung.
Kini menjelang 3 tahun di sebut sebagai desa wisata, bagaimana kabar nya!!?.
Sejak menjadi Desa wisata, Desa Melung yang terletak di kecamatan Kedung banteng Kabupaten Banyumas Jawa tengah, sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari berbagai kalangan, sebut saja dari kementerian pariwisata dan kreatif RI , Desa Melung sudah mendapatkan julukan Desa Wisata dan masuk dalam jelajah Desa Wisata milik website kementerian tersebut. Dari kementerian Desa PDTT RI, Desa Melung sudah masuk deretan Desa wisata Nusantara milik akun kementerian Desa. Dari kementerian Hukum dan HAM RI, di bantu Kementerian Desa PDTT RI , telah memperoleh sertifikat badan Hukum BUM Desa Alam Lestari Melung. Belum lagi deretan penghargaan dari dinas terkait, lembaga dan komunitas yang lain. Kunjungan dari berbagai individu, keluarga, komunitas, lembaga pemerintahan juga sudah sering untuk menjadi tempat studi komparasi di Desa Wisata Melung ini. Kini sebutan Desa Wisata di
Usia yang memang di bilang masih baru merangkak, masih dini, untuk usia 3 tahun. Dan kini sudah bisa apa!!!.
Apa yang sudah dilakukan dan diperoleh Desa Wisata Melung tentunya menjadi acuan untuk kedepan lebih baik.
Tantangan zaman tentunya harus mampu di jawab dengan sebuah program terobosan yang kekinian. Sebuah desa di katakan desa wisata tentunya ada batasan kapan desa wisata itu di genggaman, senyampang masih mampu dan konsisten dalam dunia wisata. Di usia 3 tahun ini berharap Desa Wisata Melung Kecamatan Kedung banteng Kabupaten Banyumas, terus berkembang dan maju.
Selamat 3 tahun menjadi Desa Wisata Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, teruslah berkarya, berbenah, inovatif, dan kreatif.

 1,111 total views,  3 views today

Bagikan Berita