Kunjungan Wakil Bupati Banyumas ke lokasi pergerakan tanah.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo pada Rabu (2/2) menyempatkan mengunjungi lokasi pergerakan tanah. Dalam kunjungan tersebut juga didampingi Camat Kefungbanteng, Polsek, Koramil Kedungbanteng, dan juga BPBD Kabupaten Banyumas. Lokasi pergerakan tanah berada di Desa Melung tepatnya Grumbul Depok RT 02/01.

Semula pada tempat tersebut ada tiga rumah. Namun karena tanah yang terus bergerak turun, ketiga rumah tersebut sudah direlokasi. Terakhir direlokasi rumah Siam Darmanto pada (24/12) direlokasi ke RT 05/02. Setelah sebelumnya rumah Wasim dan Agus direlokasi terlebih dahulu.

Rumah milik Siam sebelum direlokasi.

Tanda-tanda pergerakan tanah sudah terlihat lama, dengan ditandai retaknya dinding dan pondasi rumah. Apalagi jika hujan turun secara terus menerus, maka semakin lebar retakan yang ada didinding. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan maka disarankan untuk pindah.

Walaupun tidak mudah untuk melakukan relokasi apalagi sampai tiga rumah. Menyiapkan tempat untuk tinggal dan biaya membangun kembali menjadi kendala.

Seperti rumah milik Agus yang dihancurkan, menyisakan atap dan beberapa kusenan pintu dan jendela yang nasih bisa digunakan.

Secara bertahap dan bergotongroyong kini tiga rumah tersebut sudah direlokasi.